Apa Itu Fase Plateau dalam Diet dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apakah anda pernah mengalami masa diet dimana anda sudah mati-matian diet nggak makan apa-apa tapi berat badan anda tidak turun? Atau, anda pernah program diet dimana awal-awalnya turun sangat cepat, tapi kemudian berat badan anda stuck nggak bergerak turun lagi padahal anda tetap konsisten dengan caranya? Jika anda pernah mengalaminya, anda berarti sedang terdampar pada FASE PLATEAU! Apa itu? Dan bagaimana mengatasinya?

Fase plateau atau masa plato atau disebut juga fase datar, yaitu merupakan sebuah rentang waktu dalam program diet ketika berat badan anda tidak mau kunjung turun lagi (datar-datar saja), dikarenakan penurunan metabolisme! Metabolisme disini diartikan sebagai kemampuan tubuh membakar lemak/kalori. Tiap orang memiliki rating metabolisme yang berbeda-beda. Dalam bahasa keren-nya disebut dengan BMR (Basal Metabolic Rate). Untuk mengetahui BMR, anda bisa menggunakan timbangan khusus yang bisa mengecek komposisi tubuh. Ketika pola diet kita tidak tepat, maka BMR kita ikutan merosot sejalan dengan penurunan berat badan. Artinya ada satu titik dimana tubuh kita tidak lagi bisa membakar lemak yang menumpuk. Penurunan berat badan jadinya terhenti juga. Kenapa kok BMR bisa turun dan kita terjebak dalam fase plato?

  1. Kita menjalani diet ketat dalam mengatur asupan kalori tidak diimbangi dengan konsumsi protein yang cukup. Ketika kita diet dan kekurangan protein, maka massa otot kita akan menyusut. Penurunan massa otot akan sangat berpengaruh pada penurunan level metabolisme
  2. Kurang minum air, juga bisa mempengaruhi melambatnya metabolisme.

Bagaimana mengatasi agar kita tidak terjebak pada fase plateau, atau setidaknya bisa keluar dari kondisi seperti itu?

  1. Diet rendah kalori harus diimbangi dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup. Protein akan membantu meningkatkan massa otot. Dan otot sangat berperan dalam meningkatkan metabolisme (BMR)
  2. Minum air yang cukup
  3. Melakukan diet zigzag, yaitu untuk membuat tubuh kita “kebingungan”. Misalnya 3 s.d 4 hari diet ketat rendah kalori, lalu hari ke 4 s.d 7 kita makan normal seperti ketika tidak diet. Pola ini diulang terus menerus sehingga berat badan akan turun lalu naik lalu turun lagi.

Dalam program diet Herbalife, sudah diberikan banyak kunci agar anda tidak terjebak pada fase plateau. Konsultan Herbalife akan menjelaskan kepada anda secara detail dan praksis, apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari fase datar. Beberapa produk herbalife bisa digunakan untuk memainkan perat meningkatkan metabolisme. Misalnya Shake Mix dan Personalized Protein Powder – sebagai sumber asupan protein selama diet rendah kalori. Lalu ada juga 2 jenis teh hijau yang siap menaikkan level metabolisme anda.

Silahkan Konsultasi dengan Kami Seputar Diet Herbalife

Jika anda membaca blog ini menggunakan handphone, anda bisa langsung add pin bb kami lewat link berikut ini : pin BB

Sedangkan untuk chat lewat whatsapp juga bisa lewat link ini : chat whatsapp

Atau hubungi kontak kami dibawah ini :

M3 : 0857-4570-4980 (ada whatsapp)
Simpati : 0813-5355-6575 (ada whatsapp)
Pin BB (yang mudah dihafal) : diet-yuk
LINE : laurentiafanny